Jum'at, 07 Oktober 2022
Follow Us ON :
 
 
| Sukses Panen Puluhan Kilo, Rutan Dumai Kembali Tebar Bibit Ikan Lele | | Divisi Humas Polri yang dipimpin AKBP Erlan Munaji, S.I.K, M.Si menggelar kegiatan Focus Group Discu | | Polres Dumai Jajaran Polda Riau menggelar Do’a Bersama untuk para korban tragedi Kanjuruhan, Malan | | Polsek Siak Hulu laksanakan Kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental | | Ketua K3S Kampar Buka Bimbingan Sosial Sekaligus Serahkan Bantuan UEP Kepada Orsos Kampar. | | Tingkatkan Program Kemandirian WBP, Rutan Dumai Jalin Kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pe
 
Sidang Wartawan Salamudin Purba Ditunda, JPU Terkesan Abaikan Hak Terdakwa
Rabu, 15-06-2022 - 14:07:17 WIB

TERKAIT:
   
 

Riaumonitor.com, Dumai - Sidang terdakwa Salamuddin Purba, salah seorang wartawan senior dan anggota PWI Dumai, dengan agenda Putusan Sela terhadap Eksepsi Penasehat Hukum terdakwa yang dijadwalkan, Selasa (14/06/22) ditunda. Hal ini karena Majelis Hakim yang menyidangkan perkara itu sedang ada agenda kegiatan di Pekanbaru. 

Persidangan dengan agenda Putusan Sela atau tanggapan Majelis Hakim terhadap Eksepsi yang diajukan Penasehat Hukum terdakwa Salamuddin Purba akhirnya ditunda, Selasa (21/06/22) minggu depan. 

Hakim pengganti, Hamdan menyampaikan Majelis Hakim yang menyidangkan perkara tersebut sedang mengikuti pembinaan oleh Dirjen Peradilan Umum Mahkamah Agung di Pengadilan Tinggi Pekanbaru. 

“ Persidangan kita tunda, Selasa tanggal 21 Juni 2022 karena majelis hakim sedang mengikuti kegiatan di Pekanbaru,” ujar Hamdan, selaku hakim pengganti. 

Sebelum sidang ditutup, Penasehat Hukum Terdakwa Rianto Sibarani, SH yang diberikan kesempatan berbicara menyampaikan soal pembantaran untuk perobatan Salamuddin Purba yang saat ini dalam kondisi sakit. 

“ Hakim yang mulia, kami sudah mengajukan pembantaran untuk kepentingan perobatan terdakwa. Hal ini sudah kami sampaikan pada 3 kali agenda persidangan yang sudah dijalani. Kami bermohon bisa dikabulkan,” ujar Penasehat Hukum, Rianto Sibarani, SH. 

Menyikapi hal itu, Hakim Pengganti kemudian minta JPU untuk menjelaskan permohonan dari penasehat hukum terdakwa. Jika kondisinya memang butuh perawatan sesuai rekomendasi tenaga medis, JPU diminta segera mengajukan kepada majelis hakim. 

Namun Jaksa Penuntut Umum, Roslina pada kesempatan itu mengaku bahwa di Rutan hanya ada perawat dan tidak ada dokter, Belum diketahui secara pasti, apakah akibat tidak adanya rekomendasi dokter, maka hingga kini JPU tak kunjung mengajukan permintaan pembantaran kepada majelis hakim. 

“ Di Rutan tidak ada dokter, yang ada cuma perawat,” ungkapnya.

Majelis Hakim melalui Hakim Ketua, Merry Donna Tiur Pasaribu pada persidangan sebelumnya juga sudah memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar segera menindaklanjuti permintaan terdakwa melalui Penasehat Hukumnya untuk mendapatkan perawatan medis. Hal itu menyangkut hak terdakwa sekaligus Hak Azasi Manusia. 

“ Saya minta besok segera ditindaklanjuti. Jaksa bisa berkoordinasi dengan tenaga medis di Rutan. Jika memang dipandang penting untuk diberikan perawatan yang lebih intensif, bisa diajukan ke majelis hakim supaya bisa dibawa ke rumah sakit. Jangan sampai seperti kejadian beberapa waktu lalu, sudah kritis baru dibawa ke rumah sakit. Ini menyangkut Hak Azasi Manusia,” tegas Mery Donna Tiur Pasaribu. 

Sayang, perintah Majelis Hakim itu sepertinya belum dilaksanakan oleh Jaksa Penuntut Umum. Hingga kini Salamuddin Purba tak kunjung memperoleh haknya untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik di rumah sakit. Sementara menurut Salamuddin Purba yang saat ini usianya sudah 70 tahun lebih, kondisi kesehatannya makin menurun dan sulit berjalan serta mengalami pembengkakan pada kedua kaki. 

“ Ke kamar mandi harus dipapah. Kedua kaki saya sudah bengkak,” ujar Salamuddin Purba yang hadir di persidangan dengan kursi roda, Selasa (14/06/22) siang tadi.

Pada persidangan pekan lalu, JPU menolak seluruh Eksepsi yang diajukan Penasehat Hukum terdakwa Salamuddin Purba. Adapun Eksepsi yang diajukan atas dakwaan nomor: REG.PERKARA PDM -26/DMI/04/2022 dalam perkara pidana nomor: 171/Pid.B/2022/PN.Dum atas nama terdakwa Salamuddin Purba Als Purba Bin K Purba diantaranya menyatakan surat dakwaan Error In Persona karena umur, pekerjaan dan pendidikan terdakwa tidak sesuai faktanya. 

Selanjutnya Penuntut Umum dinilai tidak tidak cermat membuat dakwaan karena tidak menguraikan bagaimana terdakwa melakukan tindak pidana sebagaimana di dakwakan atau bagaimana uraian Perbuatan terdakwa dalam turut serta membuat 7 (tujuh) lembar surat Surat keterangan Blok Nomor: 03/BB/1979 atas nama Kelompok SAYANG beserta turunannya. 

Tidak hanya itu, surat dakwaan dinilai juga tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap menguraikan apa hubungan antara PT Tristar Palm Internasional (TPI) dalam perkara a quo dan juga Jaksa Penuntut Umum tidak menguraikan kerugian materiil sebesar Rp.300.000.000 (Tiga Ratus juta Rupiah) yang di alami PT Tristar Palm Internasional (TPI) dalam perkara a quo dengan kata lain PT Tristar Palm Internasional (TPI) dalam hal ini diwakili oleh Ir Murnis Mansyur sebagai Pelapor dianggap mengada-ngada.

( Laporan: Endang)***




 
Berita Lainnya :
  • Sidang Wartawan Salamudin Purba Ditunda, JPU Terkesan Abaikan Hak Terdakwa
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sukses Panen Puluhan Kilo, Rutan Dumai Kembali Tebar Bibit Ikan Lele
    02 Divisi Humas Polri yang dipimpin AKBP Erlan Munaji, S.I.K, M.Si menggelar kegiatan Focus Group Discu
    03 Polres Dumai Jajaran Polda Riau menggelar Do’a Bersama untuk para korban tragedi Kanjuruhan, Malan
    04 Polsek Siak Hulu laksanakan Kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental
    05 Ketua K3S Kampar Buka Bimbingan Sosial Sekaligus Serahkan Bantuan UEP Kepada Orsos Kampar.
    06 Tingkatkan Program Kemandirian WBP, Rutan Dumai Jalin Kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pe
    07 HUT Rohil Ke 23, DPRD Gelar Sidang Istimewa
    08 Bupati Afrizal Sintong Pimpin Upacara Memperingati Hari Jadi Rohil Ke -23,
    09 DPRD Rohil Sahkan APBD P 2022 Sebesar 2,2 Triliun
    10 Dr. H. Kamsol, MM Sampaikan Laporan Evaluasi Tugas Sebagai Penjabat Bupati Kampar ke Mendagri.
    11 Komisi 1 DPRD Kota Dumai Riau Panggil PT Ruas Utama Jaya Ada Apa?
    12 Turun Langsung Bagikan Helm ke Pengendara, Kapolda Riau Irjen Iqbal : Untuk Keselamatan, Sayangi Ana
    13 Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, S
    14 TPPS Kampar Gaungkan Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting
    15 Pj Bupati Kampar Sarankan Polkam Jalin Kerjasama dengan BRIN.
    16 Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Zeb
    17 Dua Fokus Awal Polri Tangani Kerusuhan Arema Vs Persebaya
    18 Tokoh Masyarakat Riau Apresiasi Ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Tangani Kasus Duren Tiga
    19 Sekda Kampar Buka Lomba Cerdas Cermat Islam (LCCI) FORSIMAT
    20 Rapat Paripurna DPRD kabupaten Pelalawan Tentang APBD-P TA 2022 Disyahkan
    21 Polsek Dumai Timur Jajaran Polres Dumai kembali berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian.
    22 DJKI DAN KEMENKUMHAM RIAU SOSIALISASIKAN PENTINGNYA PERLINDUNGAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Riau | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © MEDIA ONLINE - RIAUMONITOR.COM | INFORMASI UNTUK KEBENARAN