Sabtu, 15 Juni 2024
Follow Us ON :
 
 
| Pemko Gelar Goro Massal di Rumah Ibadah, Pasar dan Titik Rawan Banjir | | Kelola dan Tingkatkan Penghasilan Keluarga | | Kendalikan Inflasi, Pemkab Pelalawan Laksanakan Gerakan Pangan Murah | | 105 Murid SD Ikuti Lomba di Tiga Cabang | | Bupati Kasmarni Sambut Baik Sosialisasi Tabungan Dhuha Haji Muda Produk Unggulan BRK Syari'ah | | Dibuka Oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Pj Bupati Kampar Hambali Ikuti Rakoras Inflasi Tahun 2024.
 
Kadis Sosial Bengkalis, Sambut Baik Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral Tahun 2024
Kamis, 06-06-2024 - 19:27:53 WIB

TERKAIT:
   
 

Riaumonitor.com, BENGKALIS - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Paulina menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan pembinaan statistik sektoral, Kamis 6 Juni 2024, di ruang rapat lantai II Kantor Dinas Sosial Jalan Antara Bengkalis.

Acara ini dibuka Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis diwakili Kepala Bidang Statistik dan Persandian Azmar.

Dalam sambutan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Paulina, menyambut baik dilaksanakan kegiatan ini dengan harapan menyatukan visi dan persepsi dalam rangka menuju satu data untuk Kabupaten Bengkalis.

Lebih lanjut dijelaskan Kadis Sosial, pembinaan statistik sektoral merupakan langkah awal pelaksanaan statistik sektoral di OPD, bertujuan meningkatkan kontribusi masyarakat terhadap statistik untuk membangun satu pusat rujukan informasi statistik nasional.

Selanjutnya Paulina menyampaikan bahwa Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis terdapat kegiatan pengelolaan data secara rutin yaitu pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS NG). Data Terpadu Kesejahteraan Sosial adalah data induk yang berisikan data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial serta potensi sumber kesejahteraan sosial. Pengelolaan ini berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021, tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Secara teknis yang terbaru, tertuang pada keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 74/HUK/2024 tentang Tata Cara Proses Usulan Data serta Verifikasi dan Validasi Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Berikutnya basis data yang dikelola oleh Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis ini didapat dari hasil Musyawarah Desa dan Kelurahan yang di input oleh akun masih-masing operator Desa dan Kelurahan di aplikasi SIKS NG.

Dijelaskan lagi bahwa Data Terpadu Kesejahteraan Sosial merupakan basis data pemerlu pelayanan kesejahteraan dimana di dalam terdapat data masyarakat penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan, Program Sembako dan program Jaminan Kesehatan berupa Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK).

Lebih lanjut Kadis Sosial katakan, saat ini berbagai cara usaha pemerintah untuk memperbaiki Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), seperti sosialisasi, pelaksanaan verifikasi dan validasi se-Indonesia, perubahan Peraturan Menteri Sosial dengan tujuan memperbaiki mekanisme maupun untuk memperbaiki data itu sendiri.

"Tahun ini terjadi perubahan terhadap Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dengan melihat dari pergerakan data yang dinamis, hal ini disebabkan karena terjadinya pemadanan data antar kelembagaan yang dapat dilihat sebagai tren positif dalam memberikan bantuan terhadap masyarakat,"tutup Paulina.

Sementara itu Kabid Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis Azmar mengatakan, dasar hukum kegiatan pembinaan statistik sektoral ini mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Kemudian Peraturan Gubernur Nomor 23 Tahun 2021 tentang Satu Data Provinsi Riau Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 51 Tahun 2020 tentang Satu Data Kabupaten Bengkalis sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 48 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 51 Tahun 2020 tentang Satu Data Kabupaten Bengkalis.

Lebih lanjut Azmar menjelaskan, Surat Keputusan terkait Satu Data Keputusan Bupati Bengkalis Nomor 363/KPTS/III/2023 tentang Pembentukan Forum Satu Data Kabupaten Bengkalis.
Berdasarkan keputusan di atas, Forum Satu Data Kabupaten Bengkalis terdiri dari, 
pembina data, wali data, wali data pendukung, produsen data dan sekretariat satu data.

"Satu Data Indonesia harus dilakukan berdasarkan prinsip sebagai berikut, data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus memenuhi Standar Data, Data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus memiliki Metadata, Data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus memenuhi kaidah Interoperabilitas Data dan
Data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus menggunakan Kode Referensi dan/atau Data Induk,"jelas Azmar.

Selain Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, juga hadir perwakilan dari Disduk Capil Bengkalis, Kepala BPS kabupaten Bengkalis serta seluruh peserta pembinaan statistik sektoral dari Dinas Sosial Bengkalis dan Disduk Capil Bengkalis.



 
Berita Lainnya :
  • Kadis Sosial Bengkalis, Sambut Baik Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral Tahun 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemko Gelar Goro Massal di Rumah Ibadah, Pasar dan Titik Rawan Banjir
    02 Kelola dan Tingkatkan Penghasilan Keluarga
    03 Kendalikan Inflasi, Pemkab Pelalawan Laksanakan Gerakan Pangan Murah
    04 105 Murid SD Ikuti Lomba di Tiga Cabang
    05 Bupati Kasmarni Sambut Baik Sosialisasi Tabungan Dhuha Haji Muda Produk Unggulan BRK Syari'ah
    06 Dibuka Oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Pj Bupati Kampar Hambali Ikuti Rakoras Inflasi Tahun 2024.
    07 Pj Bupati Kampar Tinjau Langsung 42 Calon Taruna STPN Kampar Ikuti Tes CBT.
    08 Iven Bakar Tongkang Akan Dimaksimalkan
    09 Pemkab Rohil Gelar Malam Perpisahan dengan Kajari
    10 Polres Pelalawan giatkan Sholat Subuh keliling Harmoni di masjid Tunggal An-Naafi Desa Kemang.
    11 Kapolres Dumai Mengadakan Turnamen Sepak Bola Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024.
    12 Pertemuan Antisipasi Peningkatan Kasus DBD Bidang P2P, Seksi P3M
    13 Tuberculosis ( TBC) Masih Menjadi Salah Satu dari Masalah Kesehatan Utama di Indonesia
    14 Mobil Box Terbalik, Satu Orang Meninggal Terhimpit
    15 Bupati Zukri sebut, magrib mengaji merupakan tradisi positif yang sejak dulu telah ada.
    16 Seorang Pelaku Penjual Chip Higgs Domino Berhasil Disergap Polisi Saat Berada Disebuah Toko Ponsel
    17 Pembukaan MTQ Tingkat Desa Kelapapati Ke-15 Tahun 1445 H/2024 M Berlangsung Meriah
    18 Polsek Simpang Kanan Bakti Sosial Bersihkan Tempat Ibadah
    19 PHR Lakukan Perbaikan Jalan Bangko-Pinang di Rohil
    20 Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Paritrana Award Pemprov Riau
    21 Pj Wali Kota Koordinasi dengan KPU Pekanbaru Terkait Kesiapan Pilkada Serentak 2024
    22 Penandatanganan Naskah Pengukuhan Oleh Ketua Pembina Posyandu Kelurahan Kecamatan Dumai Selatan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Riau | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © MEDIA ONLINE - RIAUMONITOR.COM | INFORMASI UNTUK KEBENARAN