Sabtu, 15 Juni 2024
Follow Us ON :
 
 
| Pemko Gelar Goro Massal di Rumah Ibadah, Pasar dan Titik Rawan Banjir | | Kelola dan Tingkatkan Penghasilan Keluarga | | Kendalikan Inflasi, Pemkab Pelalawan Laksanakan Gerakan Pangan Murah | | 105 Murid SD Ikuti Lomba di Tiga Cabang | | Bupati Kasmarni Sambut Baik Sosialisasi Tabungan Dhuha Haji Muda Produk Unggulan BRK Syari'ah | | Dibuka Oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Pj Bupati Kampar Hambali Ikuti Rakoras Inflasi Tahun 2024.
 
Pj Wali Kota Pekanbaru Terus Ingatkan PUPR Percepat Perbaiki Jalan Rusak
Selasa, 23-04-2024 - 12:02:57 WIB

TERKAIT:
   
 

Riaumonitor.com, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP, secara intens terus mengingatkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk mempercepat upaya perbaikan jalan rusak. 

"Karena itu sejak 2023 sampai 2024 ini, kita secara bertahap telah memperbaiki beberapa ruas yang kondisinya memprihatinkan dan banyak dikeluhkan oleh masyarakat," kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, Senin (22/4/2024). 

Ia menyampaikan, total jalan rusak di Pekanbaru mencapai 363,69 kilometer (Km) atau sekitar 28,46 persen dari total panjang jalan. Rinciannya rusak ringan 254,284 Km, rusak sedang 96,795 Km, serta rusak berat sepanjang 109,406 Km. 

Ada dua upaya penanganan yang dilakukan Dinas PUPR untuk memperbaiki kerusakan jalan tersebut. Pertama penanganan jangka pendek dan kedua jangka panjang. 

"Jangka pendek, kita melakukan perbaikan secara bertahap dengan cara menambal atau patching terhadap lubang-lubang di Jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Pekanbaru sesuai dengan anggaran yang tersedia," ungkap Edward Riansyah. 

"Penambalan merupakan upaya cepat untuk menangani kerusakan jalan sementara, sembari mengupayakan anggaran melalui APBD Kota Pekanbaru, bantuan provinsi dan pusat untuk melakukan pelapisan aspal ulang atau overlay dan rekonstruksi," ulas Edu, sapaan akrabnya.

Sementara untuk perbaikan jangka panjang, PUPR melakukan overlay pada jalan-jalan yang telah lama dibangun, memperbaiki dan membangun drainase jalan untuk menjaga dan mengembalikan kondisi jalan dengan memperhatikan pendanaan yang tersedia. 

"Pelapisan aspal ulang ini dilakukan terhadap jalan yang mengalami rusak berat. Untuk kerusakan kurang dari 10 persen, untuk efektifita dan efisiensi dilakukan dengan penambalan sesuai dengan pengamatan dan penilaian terhadap kondisi ruas jalan secara menyeluruh," papar Edu. 

Di 2024 ini, terang Edu, instansi yang ia pimpin mendapat alokasi anggaran penyelenggaraan jalan sekitar Rp45 miliar. Yang mana untuk pambangunan jalan sebesar Rp5,279 miliar, pemeliharaan berkala Rp27,977 miliar, serta pemeliharaan rutin Rp11,241 miliar. 

"Anggaran yang tersedia memang tidak cukup untuk memperbaiki kondisi kerusakan yang sekarang. Idealnya untuk mempercepat memperbaiki secara bertahap kerusakan jalan yang terjadi membutuhkan angggaran Rp60 miliar untuk pemeliharaan berkala dan rekonstruksi jalan per tahun," ujarnya. 

Koordinasi dengan Pusat dan Provinsi Mengingat perbaikan jalan rusak membutuhkan anggaran yang cukup besar dan hanya bisa dilakukan sesuai kewenangan, sambung Edu, maka Pemko Pekanbaru terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Riau. 

"Dengan Pemerintah Pusat, Pemko Pekanbaru terus berkoordinasi dan mengajukan proposal ke Kementerian PUPR, Bappenas serta Kemenko Marves bidang transportasi untuk mendapat bantuan melalui usulan IJD (Inpres Jalan Daerah). Pengajuan usulan melalui DAK (Dana Alokasi Khusus)," ucapnya. 

Hanya saja tidak semua usulan dari Pemko Pekanbaru yang dapat diakomodir secara langsung oleh Pemerintah Pusat. 

"Karena Pemerintah Pusat ada menetapkan kriteria atau tematik untuk memberikan bantuan anggaran di bidang jalan," tuturnya. 

Kemudian dengan pemerintah provinsi, sejauh ini sudah mendapat perhatian yang intens dari Pemprov Riau dengan memberikan bantuan keuangan tahun 2023 lalu sebesar Rp 13 miliar, termasuk mengambil alih 16 ruas jalan yang sebelumnya menjadi kewenangan Pemko Pekanbaru. 

"Ruas jalan yang diambil alih itu menjadi kewenangan Pemprov Riau dan kita tentu berharap agar dapat ditangani langsung oleh pemprov, karena bagaimanapun Kota Pekanbaru merupakan wajah dari Provinsi Riau," tutupnya.



 
Berita Lainnya :
  • Pj Wali Kota Pekanbaru Terus Ingatkan PUPR Percepat Perbaiki Jalan Rusak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemko Gelar Goro Massal di Rumah Ibadah, Pasar dan Titik Rawan Banjir
    02 Kelola dan Tingkatkan Penghasilan Keluarga
    03 Kendalikan Inflasi, Pemkab Pelalawan Laksanakan Gerakan Pangan Murah
    04 105 Murid SD Ikuti Lomba di Tiga Cabang
    05 Bupati Kasmarni Sambut Baik Sosialisasi Tabungan Dhuha Haji Muda Produk Unggulan BRK Syari'ah
    06 Dibuka Oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Pj Bupati Kampar Hambali Ikuti Rakoras Inflasi Tahun 2024.
    07 Pj Bupati Kampar Tinjau Langsung 42 Calon Taruna STPN Kampar Ikuti Tes CBT.
    08 Iven Bakar Tongkang Akan Dimaksimalkan
    09 Pemkab Rohil Gelar Malam Perpisahan dengan Kajari
    10 Polres Pelalawan giatkan Sholat Subuh keliling Harmoni di masjid Tunggal An-Naafi Desa Kemang.
    11 Kapolres Dumai Mengadakan Turnamen Sepak Bola Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024.
    12 Pertemuan Antisipasi Peningkatan Kasus DBD Bidang P2P, Seksi P3M
    13 Tuberculosis ( TBC) Masih Menjadi Salah Satu dari Masalah Kesehatan Utama di Indonesia
    14 Mobil Box Terbalik, Satu Orang Meninggal Terhimpit
    15 Bupati Zukri sebut, magrib mengaji merupakan tradisi positif yang sejak dulu telah ada.
    16 Seorang Pelaku Penjual Chip Higgs Domino Berhasil Disergap Polisi Saat Berada Disebuah Toko Ponsel
    17 Pembukaan MTQ Tingkat Desa Kelapapati Ke-15 Tahun 1445 H/2024 M Berlangsung Meriah
    18 Polsek Simpang Kanan Bakti Sosial Bersihkan Tempat Ibadah
    19 PHR Lakukan Perbaikan Jalan Bangko-Pinang di Rohil
    20 Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Paritrana Award Pemprov Riau
    21 Pj Wali Kota Koordinasi dengan KPU Pekanbaru Terkait Kesiapan Pilkada Serentak 2024
    22 Penandatanganan Naskah Pengukuhan Oleh Ketua Pembina Posyandu Kelurahan Kecamatan Dumai Selatan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Riau | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © MEDIA ONLINE - RIAUMONITOR.COM | INFORMASI UNTUK KEBENARAN