DPRD Pekanbaru menggelar rapat paripurna ke-5 Masa Sidang III tahun sidang 2020/2021 tentang penyampaian perubahan atas Peraturan Daerah" />
Jum'at, 03 Februari 2023
Follow Us ON :
 
 
| Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K membuka Latihan Pra Operasi Keselamatan Lancang Kuni | | Polres Dumai kembali melaksanakan kegiatan ‘Jumat Curhat’ sebagai upaya untuk mempererat silatur | | Kasatpol PP Dumai Tertidur Lelap Gelper Wisata Good Hunter Buka Sampai Jam 3,29 Wib Pagi | | Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Dumai Ny. Endah | | Drs.T.Mukhlis.M.SI Hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Tahun 2023 | | Terbesar Dalam Sejarah Pengungkapan Narkoba Oleh Polda Riau, Berhasil Amankan 276 Kg Sabu dan Bekuk
 
DPRD Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna ke-5 Masa Sidang III Tahun Sidang 2020/2021
Rabu, 16-06-2021 - 21:42:26 WIB

TERKAIT:
   
 


Riaumonitor.com, PEKANBARU  - DPRD Pekanbaru menggelar rapat paripurna ke-5 Masa Sidang III tahun sidang 2020/2021 tentang penyampaian perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Kota Pekanbaru Nomor 5 Tahun 2021 perihal Perlindungan Masyarakat dari penyebaran dan dampak Corona Virus Disease-19, Senin (14/06/21). Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM didampingi langsung Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani MS SIP mempimpin gelaran rapat tersebut.

Dalam rapat tersebut hadir pula Asisten II Setdako Pekanbaru El Syabrina dan beberapa pejabat OPD dilingkungan Pemko Pekanbaru.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Nofrizal mengatakan penyampaian perubahan Perda Kota Pekanbaru Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perlindungan Masyarakat dari penyebaran dan dampak covid-19 ini dilakukan seiring meningkatnya lonjakan angka penyebaran virus corona yang sangat tinggi di Kota Pekanbaru.

"Jadi Perda ini di dalamnya terdapat pasal penindakan. Dalam pasal penindakan itu, ada teguran lisan, teguran tertulis, dan besaran jumlah dendanya. Dan menurut pemerintah berdasarkan masukan dari penegak hukum ini meminta aturan berupa teguran lisan dan tertulis itu dihilangkan," terangnya.

Menurutnya, sanksi teguran lisan dan tertulis di dalam pasal tersebut diubah agar penindakan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 dan aparat penegak hukum dapat lebih tegas. Khususnya dalam upaya penegakan protokol kesehatan dengan cara menerapkan sistem dengan melakukan sidang ditempat.

"Tentu yang terpenting itu penindakan. Penindakan itu nanti dengan Satgas covid-19 bersama aparat turun bersama-sama melakukan sidang di tempat," paparnya.



Nofrizal menjelaskan DPRD menyambut baik atas perubahan Perda Kota Pekanbaru Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perlindungan Masyarakat dari penyebaran dan dampak covid-19. Hal ini bertujuan demi menurunkan secara signifikan angka resiko tingkat penyebaran covid-19 di Kota Pekanbaru.

"Riau khususnya Pekanbaru ini termasuk tinggi angka covid-19 dibandingkan dengan Provinsi yang ada di Pulau Jawa. Jumlah penduduk di Riau itu sekitar 7 juta, dan penduduk yang ada di Jawa barat dan Jawa Timur sekitar 40 juta jiwa. Tapi, jumlah angka penyebarannya itu lebih tinggi di daerah kita. Jika diliat dari jumlah penduduk dan persentase yang terpapar itu ya sangat luar biasa lonjakannya," jelasnya.

Sementara itu, Asisten II Setdako Pekanbaru El Syabrina menyebut, Pemko Pekanbaru hanya mengubah pasal tentang sanksi yang tertuang dalam Perda Kota Pekanbaru Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perlindungan Masyarakat dari penyebaran dan dampak covid-19. Pasalnya, pasal sebelumnya dinilai tidak memberikan efek jera bagi masyarakat.

"Sanksi yang diberikan dalam pemidanaan itu tidak pas. Jadi, pasalnya itu saja yang dirubah. Yang lain-lainnya tetap. Hanya ganti sanksi saja, sebab sanksinya terlalu ringan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Ranperda Inisiatif tentang Perlindungan Masyarakat dari penyebaran dan dampak corona virus disease 2019 telah disahkan oleh DPRD bersama Pemko Pekanbaru pada 5 Mei 2021 lalu.

Namun, Pemko Pekanbaru mengajukan usulan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2021 tentang perlindungan masyarakat dari penyebaran dan dampak Corona Virus Disease 19 dalam program pembentukan peraturan daerah (propemperda) pada 9 Juni 2021.(Adv)





 
Berita Lainnya :
  • DPRD Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna ke-5 Masa Sidang III Tahun Sidang 2020/2021
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K membuka Latihan Pra Operasi Keselamatan Lancang Kuni
    02 Polres Dumai kembali melaksanakan kegiatan ‘Jumat Curhat’ sebagai upaya untuk mempererat silatur
    03 Kasatpol PP Dumai Tertidur Lelap Gelper Wisata Good Hunter Buka Sampai Jam 3,29 Wib Pagi
    04 Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Dumai Ny. Endah
    05 Drs.T.Mukhlis.M.SI Hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Tahun 2023
    06 Terbesar Dalam Sejarah Pengungkapan Narkoba Oleh Polda Riau, Berhasil Amankan 276 Kg Sabu dan Bekuk
    07 Polres Dumai gelar Rapat Eksternal yang mengangkat tema ‘Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama d
    08 Event Carfreenight Pemdes Selat Baru Terlaksana
    09 DPO Penipuan Bebas Berkeliaran,Polisi Dinalai Tak Serius
    10 Direktur BUMD Tuah Sekata Dan Dewas Lihat Langsung Produk Padi Di Penyalai
    11 Praktek Usaha Penampungan Cangkang Perlu Diduga Kepolisian Setempat Terkesan Tutup Mata
    12 Ketua PAC IPK Siak Hulu Minta Polsek berantas perjudian
    13 Ismail Minta Zulkifli (datuk amin)Mencalon Pileg 2024
    14 Pemdes desa senggoro dan masyarakat adakan gotog royong bersama
    15 Wilayah Polres Siak Diduga Bebas Beroperasi Ilegal Mafia CPO.
    16 Lembaga Laskar Pagar Negri LLPN Deklarasi Dan Pelantikan Serentak Se-Riau
    17 Subuh Harmoni Polres Pelalawan Wujudkan Sinergi dengan tokoh agama
    18 Pj. Bupati Kampar Silaturahmi Dengan Ketua MUI Kampar.
    19 Lepas Gerak Jalan Santai Peringatan HAB ke-77 Tahun 2023 PJ. Bupati Kampar Ajak Jaga Kebersamaan dan
    20 Diskominfo dan Persandian Kampar Buka E-Wartawan Untuk Kerjasama Media Tahun 2023.
    21 Pance Daniel Serah Terimakan Jabatan Kepala Rutan Dumai Kepada Bastian Manalu
    22 UPACARA PERINGATAN HARI BHAKTI IMIGRASI KE-73 DI LINGKUNGAN KANWIL KEMENKUMHAM RIAU, WALIKOTA DUMAI
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Riau | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © MEDIA ONLINE - RIAUMONITOR.COM | INFORMASI UNTUK KEBENARAN